Lesson 2: Pronoun ( Kata Ganti )

Pelajaran 2

Pada pelajaran 1 anda telah mempelajari tentang penggolongan kata dalam bahasa Inggris. Sekarang, anda akan belajar lebih mendalam tentang salah satu dari golongan kata tersebut. Materi kali ini menjelaskan tentang kata ganti atau yang dalam bahasa Inggris disebut pronoun. Saya memposting materi Pronoun ini sebagai langkah awal  penjelasan dari bagian parts of speech, karena  banyak orang yang belajar bahasa Inggris merasa bingung terhadap penggunaan saya yang jika diterjemahkan kedalam bisa menjadi I, my dan me. Selain itu penggunaan pronoun akan banyak dipraktekkan dalam membuat kalimat sederhana dalam bahasa Inggris nantinya.

Kata ganti atau Pronoun merupakan kata yang menggantikan nama dari orang, benda, tempat atau istilah tertentu.

Contoh: Joni adalah teman sekelasku. Dia merupakan salah satu siswa yang berprestasi.

Nah, maksud dari kata dia diatas itu adalah si Joni. berarti kata dia merupakan kata ganti atau pronoun dari orang yang bernama Joni.

Saya beri contoh satu lagi:

Lily dan Toni mendaftar disalah satu perguruan tinggi di Pekanbaru. Mereka ingin mengambil fakultas Ekonomi.

Maksud dari kata mereka adalah kata ganti dari orang yang bernama Lily dan Toni. Maka kata mereka juga termasuk pronoun.

Mudah bukan?!

Namun, kalau dalam bahasa Inggris golongan kata pronoun ini ada sedikit tantangannya. Tantangan kali ini karena tidak seperti bahasa Indonesia yang setiap pronoun yang dimaksud memiliki kata sama, seperti:

Saya mempunyai sebuah mobil baru. Mobil saya sangat mahal. Banyak orang melihat saya ketika saya mengendarainya.

dalam bahasa Inggris menjadi kata-kata pronoun saya diterjemahkan berbeda, menjadi:

I have a new car. My car is very expensive. Many people watch me when I drive it.

Kata saya pada kalimat pertama dan ketiga diterjemahkan menjadi I.
Kata saya pada kalimat kedua diterjemahkan menjadi my.
Kata saya pada kalimat ketiga menjadi me.

Bingungkah anda?

Baiklah, jika anda merasa bingung mohon perhatikan tabel berikut.

Maksud dari kolom Subjective Pronoun adalah kata ganti dalam bahasa Inggris yang dijadikan sebagai subjek (pelaku), misalnya:

-  I am a student.
-  We study in class.
-  She is Beautiful.

Maksud dari kolom Objective Pronoun adalah kata ganti yang dijadikan sebagai objek, misalnya:

-  Ann is my friend. I like her very much.
-  I have two new books. I like them.
-  Pussy is my cat. I love it.

Maksud dari kolom Possessive before a Noun   adalah kata ganti untuk menyatakan kepemilikan benda, kata ini selalu terletak sebelum kata benda (Noun), misalnya:

-  My father is very kind.
-  His house is very big.
-  Our friends are at school now.

Maksud dari kolom Possessive after a Noun   adalah kata ganti untuk menyatakan kepemilikan benda, kata ini tidak perlu diikuti oleh  kata bendanya, misalnya:

-  This mobile is mine.
-  This dictionary belongs to Anna and that dictionary is yours.
-  They go to campus by their motorcycles. We go to there by ours.

Nah, untuk melatih pemahaman anda tentang materi ini, silahkan menjawab beberapa soal yang berkaitan dengan penggunaan pronoun, dapat di download disini.

Selamat belajar!



2 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya tidak paham 😭

Admin mengatakan...

coba belajar melalui video youtube ini https://youtu.be/AhIHP9PZzoI, ini salah satu contoh possessive pronoun, video lain insyaalah menyusul...